perbedaan OS symbian, java, dan android

Di: news

Pagi sobat mwb
gimana kabar sobat semua

maaf jika admin baru bisa posting sekarang, soalnya lagi sibuk bgt sob ...
oke sob, sekedar menambah wawasan, pagi ini ane mw share sedikit penjelasan tentang OS symbian, java, dan android ..

  • Sistem Operasi Symbian. Symbian adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk peralatan bergerak mobile. OS Symbian yang didirikan sejak tahun 1998 dulunya digunakan oleh Nokia dan hingga saat ini telah digunakan oleh banyak Vendor Smartphone. Symbian telah mengalami perkembangan yg drastis dan hingga sekarang tetap menjadi nomor satu untuk OS kategori Smartphone. Symbian merupakan perusahaan independen hasil kolaborasi vendor2 raksasa pd masa itu yakni Ericsson, Nokia, Motorola, dan Psion . Nokia sebagai pemegang saham terbesar dengan angka 47,9 persen. Banyak dari produk nokia ber- OS Symbian. Symbian dipandang lebih unggul karena: 1. Dirancang khusus untuk ponsel. Berbeda dengan Microsoft dan Linux yang diadopsi dari komputer. 2. Berkat fitur CC+, Java (J2ME) MIDP 2.0, PersonalJava 1.1.1a, dan WAP. Sistem operasi symbian ini sangat terbuka sehingga siapapun bisa mengembangkannya. Terbukti banyak beredar aplikasi-aplikasi tambahan untuk OS berbasis Symbian atau platform Java. 3. Symbian menyediakan suatu user interface (UI) framework yang fleksibel, sehingga para vendor bisa menvariasikan produk- produknya. OS yang lebih menarik dari pada kelas java. Namun OS ini jika dibandingkan dengan kelas java lebih rentan untuk terkena virus mobile phone. Symbian telah mengeluarkan Operating System untuk smartphone terbaru nya yaitu versi 9.3, Symbian menyatakan bahwa versi 9.3 ini akan lebih mempercepat, mempermurah dan mempermudah para vendor handphone dan para operator untuk mendapatkan servis dan fasilitas terbaik seperti mendukung WiFi, Firmware update secara online (FOTA), dukungan HSDPA, VoIP melalui IPSec, dukungan secara native untuk Push To Talk, dukungan Java JSR 248, Platform sekuriti yang lebih stabil dan lebih baik untuk memproteksi dari virus dan spam, dukungan untuk fasilitas graphic 3D yang lebih baik (vector floating point).
  • Sistem Operasi Java. OS Java biasanya diterapkan pada jenis yang telah polyponik namun kelas monoponik pun juga telah tersedia. Biasanya terdapat pada ponsel tipe lama, namun tipe baru sekalipun saat ini biasanya juga telah mendukung untuk fitur ini. Harga untuk ponsel jenis ini lebih terjangkau. Java sebagai middleware yang diperkenalkan pada ponsel, memberikan jawaban yang sangat memuaskan. Dengan adanya Java, seseorang dapat membuat aplikasi bermodalkan komputer dan sebuah aplikasi notepad. Sayangnya, kemampuan Java sebagai middleware mengakibatkan terbatasnya feature hardware ponsel yang dapat diakses oleh sebuah aplikasi berbasis Java.
  • Sistem Operasi Android. Android adalah sistem operasi terkini sebuah ponsel besutan perusahaan raksasa Google. Sistem operasi ini sudah mulai digunakan oleh vendor terkemuka dibidang PDA berlayar sentuh yaitu HTC diikuti oleh vendor lokal IMO yang barangkali ingin mencoba sedikit peruntungannya. Mengandalkan berbagai fitur milik Google yang kabarnya menjadi ancaman bagi perusahaan lainnya sekelas Microsoft dan Yahoo. Android berusaha mencuri perhatian melalui Maps, Search hingga browsernya yang diklaim jauh lebih ringkas dan cepat. Sayangnya keterbatasan budget kantong pribadi menjadi salah satu kendala untuk menjajal sistem operasi ini. Masih berharap Google bakalan menyediakan Simulator Developmentnya seperti halnya BlackBerry dan Windows Mobile tempo hari. Saat ini yang mendominasi pasar adalah OS Symbian dengan pencapaian pangsa pasar sebesar 48 persen. Ini berarti terjadi penurunan dari 58 persen di 2008. Walaupun Ovum memprediksi pengapalan Symbian akan mencapai 168 juta unit di tahun 2015, jumlah pangsa pasarnya akan terus terkikis sampai ke kisaran 30 persen. Penyebabnya adalah karena adanya pertumbuhan adopsi OS Android. Ovum memprediksikan pengapalan Android akan mencapai 110,8 juta di tahun 2015 dan diperkirakan OS ini akan melampaui pengapalan Windows Mobile di 2014.

nah ane rasa itu saja yg bisa ane bagikan untuk postingan kali ini,
terimakasih bwt yg udah mampir ??

sumber

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

9 tanggapan untuk "perbedaan OS symbian, java, dan android"

Berita Dunia pada 10:06, 21-Apr-13

Os symbian sudah tamat dan versi terbarunya tidak akan ada lagi" sekarang yang merajai os android" Pengganti symbian adalah windows phone.

http://sinabung.heck.in/wanita-tersenyumlah-karena-itu-yang-disu.xhtml

ricko heri saputra pada 22:43, 21-Apr-13

mak nyus, mantab gan infonya

Milanisty rivaldy pada 08:58, 22-Apr-13

kunjungan pagi gan and jangan lupa kunbal

sofi arifin pada 16:40, 22-Apr-13

haha...forza hape java.

mampir ya,
right-arrow http://www.chendol.p.ht/nobita-doraemon-and-the-island-of-miracl.xhtml

cand zhue pada 16:43, 22-Apr-13

mksh dh mmpir gan ... Ane pasti brkunjung

angthienyang pada 13:57, 23-Apr-13

hadir untuk berkunjung di blogmu sob,n nice post dan lanjutkan lagi

heri s pada 18:45, 01-Okt-13

mantap gan,t: yang paling jos yang mana gan.

choirudin heru pada 20:19, 01-Okt-14

infonya sangat bermamfaat

ANAK NEGERI pada 21:22, 31-Okt-14

cocok bnget gan,skrg ane lbh tau.
ow ya,mampir juga di blog ane yagan

Langganan komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar